Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Berwisata ke Bengkulu? Rumah Soekarno, Monumen Parr, Fort Marlborough...

Tidak ada komentar

Bengkulu memiliki 22 obyek wisata sejarah dengan nilai historis yang berbeda. Keunikan obyek wisata inilah yang menjadi andalan Bengkulu, untuk menarik wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

"Obyek-obyek wisata sejarah ini memiliki kekhasan tersendiri dan jarang ditemukan di daerah ataupun negara lain," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Paiwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian, Selasa (29/9).

Di Provinsi Bengkulu terdapat 80 obyek wisata yang memiliki kekhasan. Dari jumlah itu, 14 di antaranya berupa pantai, delapan tirta (air), 22 tempat bersejarah dan 36 panorama alam.

Dari 22 tempat bersejarah yang ada di Provinsi Bengkulu, di antaranya Monumen Parr, Benteng Marlborough dan rumah kediaman Presiden pertama RI, Soekarno. Monumen Parr dan Benteng Marlborough merupakan peninggalan Inggris ketika menjajah Bengkulu, sebelum ditukarkan kepada Belanda dengan Singapura.

Monumen Parr terletak di Jl Ahmad Yani, Kelurahan Kampung Cina Kota Bengkulu. Tugu ini dibangun Gubernur Jenderal Raffles untuk memperingati meninggalnya seorang Gubernur Inggris yang bernama Thomas Parr sebagai seorang pemberani yang memiliki sikap "keras kepala". Thomas Parr tewas di Benteng Malborough pada malam hari tanggal 27 September 1807 oleh pegawainya yang berkebangsaan Bugis karena mencoba membubarkan para pegawai dari suku Bugis di benteng tersebut.

Benteng Marlborough (Fort Marlborough), dibangun pemerintah penjajahan Inggris, berlokasi di Pantai Tapak Padri, Kota Bengkulu. Benteng ini salah satu benteng terbesar yang pernah dibangun Inggris, selain benteng di Madagaskar. Fort Marlborough dibangun dalam dua tahap yakni pada tahun 1713-1719, dan kemudian dilanjutkan Gubernur Jenderal Thomas Raffles dari tahun 1818-1824.

Benteng ini berdenah segi empat, dengan empat bastion yang terletak pada empat sudutnya. Di dalam benteng terdapat parit keliling yang merupakan pemisah antara bangunan induk dari bangunan depannya. Di bawah parit ditumbuhi rumput cukup subur. Di atas parit itu dibangun jembatan dari kayu yang merupakan penghubung antara bangunan induk dengan depannya.

Pada bangunan depan terdapat pintu masuk yang berbentuk lengkung. Bangunan tersebut tidak mempunyai ruangan, dan hanya merupakan lorong yang menuju ke jembatan penghubung. Pada bagian atas bangunan ini terdapat tembok keliling yang mempunyai celah-celah berbentuk segi tiga yang berfungsi sebagai celah intai.

Dalam Benteng Marlborough terdapat juga beberapa bangunan, yaitu di antara bastion utara dan timur, antara bastion selatan dan barat, dan antara bastion selatan dan timur.

Rumah Soekarno yang terletak di Jl Soekarno-Hatta, menyimpan bukti sejarah dan koleksi buku-buku Proklamator RI tersebut.

Pantai Panjang di Bengkulu merupakan pantai terpanjang di Indonesia dengan kondisi pasir putih yang bagus dan lembut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar