Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

LongsoR dan Banjir Tewaskan 148 Orang

Tidak ada komentar

Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo, Sabtu (10/10) mengerahkan tentara untuk membersihkan jalan-jalan dari puing dan lumpur di provinsi bagian utara Filipina yang terisolasi akibat longsor dan banjir yang menewaskan 184 orang.

Di pegunungan di bagian utara itu terdapat tiga kawasan yang rusak oleh banjir setelah hujan deras sehingga menghancurkan tanaman padi. Kerusakan tanaman akibat banjir, umumnya padi dan jagung, ditaksir bernilai 3,2 miliar peso (US$69 juta).

"Saya telah memerintahkan tentara dan dan kadet di Akademi Militer Filipina di Kota Baguio untuk membantu operasi penyelamatan dan upaya-upaya bantuan," kata Presiden Arroyo dalam satu pernyataan.

Baguio City yang dikenal sebagai penghasil sayur-sayuran dan beras di Provinsi Banguet, 250 kilometer sebelah utara Manila itu terputus akibat banjir dan longsor akibat hujan deras selama beberapa hari yang dipicu oleh Topan Parma.

Parma pertama kali menghantam Filipina pada Sabtu (3/10) lalu, kemudian membelok ke kawasan Luzon di sepanjang pekan lalu. Topan itu melemah akibat tekanan suhu tropis.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar