Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

MTI: Memanfaatkan Situasi Bencana Perburuk Citra Maskapai

Tidak ada komentar

Peristiwa gempa bumi di Sumatera Barat harus menjadi momen bagi maskapai penerbangan untuk menunjukkan pelayanan terbaik dengan tetap berasaskan solidaritas. Karena itu, memanfaatkan situasi bencana dengan menaikkan harga tiket justru akan memperburuk citra maskapai penerbangan.

Demikian penuturan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Bambang Susantono, Sabtu (3/10) di Surabaya. "Kita tahu saat ini ada ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran kebutuhan penerbangan ke Padang, tapi kebutuhan ini seharusnya tak dipahami dalam kerangka bisnis melainkan kemanusiaan. Karena itu, MTI menghimbau seluruh operator penerbangan agar tetap menerapkan harga tiket yang terjangkau masyarakat," ucapnya.

Menurut Bambang, di tengah situasi bencana alam yang merupakan bencana nasional, maskapai penerbangan seharusnya memiliki semangat dan solidaritas sama. Karena, bagaimanapun masyarakat akan melihat perilaku maskapai penerbangan.

Jika perusahaan penerbangan mampu memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik, maka justru akan timbul empati dari masyarakat dan citra baik bagi maskapai penerbangan. Citra baik secara otomatis akan membawa efek bagus ke pemasaran, papar Bambang.

Menurut Bambang, jika maskapai penerbangan sekedar mengejar profit bisnis tanpa mengedepankan solidaritas, maka masyarakat hanya akan selalu ingat sisi pelayanan buruk maskapai penerbangan. Pada akhirnya kekuatan masyarakat adalah kekuatan pasar. "Mereka bisa memutuskan memilih atau tak memilih," ucapnya.

Harga tiket mencapai Rp 1,8 juta

Berdasarkan pemantauan, di Surabaya harga tiket pesawat kelas ekonomi rute Surabaya-Padang mencapai di atas Rp 1,7 juta per orang. Bahkan, untuk keberangkatan, Minggu (4/10) hingga Selasa (6/10) harga tiket pesawat kelas bisnis ke Padang mencapai Rp 1,8 juta per orang.

"Kursi untuk keberangkatan pesawat ke Padang sudah penuh. Harga tiket pesawat berkisar Rp 1,7 juta hingga Rp 1,8 juta per orang," kata Yulianto, petugas agen tiket pesawat di Jalan Bratang, Surabaya.

Secara terpisah, Kepala Humas Garuda Indonesia Area Timur Erina menyatakan, Garuda Indonesia memberikan potongan harga tiket 50 persen untuk seluruh relawan bencana alam gempa bumi di Sumatera Barat.

Potongan harga kami berikan untuk seluruh rute penerbangan domestik Garuda ke Padang pergi-pulang. "Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 1 Oktober 2009 hingga 14 Oktober 2009, khususnya bagi para relawan mulai dar i tenaga umum, medis, atau penumpang yang membawa obat-obatan," ucapnya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar