Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

SiaPa Sih Yang gk Suka MAsakan PadaNG????

Tidak ada komentar

Siapa sih yang enggak suka masakan Minang? Di segala penjuru di Indonesia ini boleh jadi tidak sulit mencari rumah makan atau warung masakan Minang. Sekalipun di luar negeri, termasuk di Timor Timur, yang kini sudah tak lagi berada dalam rangkulan Ibu Pertiwi.

Namun, yang menarik, berbagai warung atau rumah makan khas Minang biasanya juga disebut rumah makan Padang. Selain itu, ada pula yang menyebut warung nasi kapau. Orang kerap mengasosiasikan warung atau rumah makan nasi kapau merupakan masakan yang berasal dari Bukittinggi.

”Orang sebutnya nasi kapau. Kapau itu sebenarnya gulai sayur nangka muda, kol, dan kacang panjang,” kata Misriyati, pemilik warung nasi kapau Bareh Solok di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.

Misriyati menuturkan, warungnya telah berusia sekitar 30 tahun. Dahulu, warungnya dikelola ibunya, Rohana (65). Hingga kini, Rohanalah yang memasak semua masakan di warungnya. Ada sekitar 25 macam lauk yang ada di warungnya. Salah satu yang paling favorit adalah dendeng batoko, yaitu daging sapi yang dimasak mirip balado. Rasanya amat pedas dan dagingnya empuk. Selain itu, rendang di Bareh Solok selain terasa pedas juga amat kuat rasa rempahnya. Rendang dengan kentang bulat-bulat kecil itu bumbunya juga cenderung kering dan tak terlalu berminyak.

”Bumbu kami giling sendiri, tidak beli bumbu gilingan di pasar. Sering kali malah ambil bumbu dari Solok langsung karena lebih enak dan wangi. Misalnya ketumbar. Beda dengan ketumbar yang ada di sini,” cerita Misriyati.

Sekalipun andalannya adalah lauk-pauk yang beragam, Misriyati mengatakan, nasi di warungnya harus benar-benar enak. Untuk itu, jika ada kesempatan, dia selalu memesan beras dari Solok. Beras dari Solok menghasilkan nasi yang unik, pera tetapi empuk.

Rasanya memang benar-benar enak. Beras yang empuk, hangat, dengan lauk-pauk yang begitu padat rempah. Bisa berkali-kali tambah nasi....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar