Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Wah... Ada Dua Pilihan UN Ulangan!

Tidak ada komentar

Para peserta Ujian Nasional (UN) yang tidak lulus karena belum memenuhi rata-rata 5,5 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan bisa mengikuti UN ulangan. Peserta bisa memilih untuk mengulang sebagian atau seluruh mata pelajaran yang nilainya di bawah 5,5.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi di Jakarta, Rabu (30/12/2009), menjelaskan, adanya UN ulangan untuk memberi kesempatan bagi peserta yang tidak lulus pada pelaksanaan UN utama atau UN susulan.

"Peserta yang ikut UN ulangan bisa memilih apakah hanya mau mengulang sebagian atau seluruh mata pelajaran yang nilainya di bawah 5,5. Nilai yang dipilih tentu saja yang tertinggi," kata Djemari.

Berdasarkan ketentuan di dalam prosedur operasi standar (POS) UN SMP dan SMA sederajat Tahun Ajaran 2009/2010, syarat kelulusan UN adalah peserta memiliki rata-rata 5,5 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. Untuk mencapai rata-rata minimal itu, peserta bisa memiliki nilai minimal 4 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya.

"Pada saat hendak mendaftar UN ulangan, peserta bisa berkonsultasi dengan guru di sekolah masing-masing. Pilihan diserahkan sepenuhnya kepada siswa, apakah hanya mau mengambil sebagian atau seluruh mata pelajaran yang nilainya di bawah 5,5. Yang penting nilai minimal 4 yang diperbolehkan hanya untuk dua mata pelajaran," jelas Djemari.

Pelaksanaan UN ulangan nantinya diatur oleh dinas pendidikan setempat. Lokasi UN ulangan dipusatkan di beberapa sekolah yang ditetapkan penyelenggara ujian daerah.

Siswa SMA jurusan IPA akan menghadapi ujian Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, dan Biologi. Jurusan IPS akan diuji Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Adapun jurusan Bahasa mengikuti ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika

Tidak ada komentar :

Posting Komentar