Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Topeng dan Musik, Satu Kaitan Yang Erat

Tidak ada komentar


Penampilan sebuah band tak hanya tampak menarik dengan kostum yang bermacam-macam saja. Dari sebuah topeng terkadang membuat band ini tampak lebih menarik saat tampil di panggung. Mulai dari yang seram, menjijikkan, artistik dan terkadang lucu sering dipakai oleh beberapa musisi di dunia.

Topeng memang identitas penguat untuk suatu band. Dengan topeng seakan membuat imej musik band tersebut terangkat. Topeng juga bisa menjadi penyembunyi identitas seperti yang dilakukan oleh Slipknot di awal mereka berkarir. Dengan topeng yang tampak menyeramkan membuat orang penasaran untuk mengetahui seperti apa musik Slipknot.

Tak ada alasan kenapa mereka menyembunyikan wajah mereka dari media maupun penggemarnya. Bahkan sewaktu mereka tampil di panggung, topeng yang dikenakan Corey Taylor (vokalis Slipknot) hampir lepas dan dia tampak panik untuk lari ke belakang panggung membetulkan topengnya.



Ada kejadian lucu dari Slipknot sendiri sewaktu mereka tur ke Eropa mereka lupa tidak memakai topengnya dan tak ayal mereka tidak mendapatkan sambutan yang meriah dan dicuekin oleh penggemarnya karena tak ada yang mengenalinya. Mungkin untuk saat ini semua penggemarnya juga sudah tahu yang mana saja personilnya.

Cerita Slipknot juga sama dengan band pengusung heavy rock legendaris Kiss. Di awal karir mereka juga menyembunyikan wajah mereka dengan topeng yang mereka gunakan. Bahkan ketika tampil di luar negeri pun di dalam pesawat mereka tetap menggunakan topeng tersebut.

Cuma ada satu negara yang memaksa dia harus menghapus topengnya sewaktu turun dari pesawat, yaitu di Jepang. Ketika mereka turun dari pesawat untuk cek paspor mereka harus memperlihatkan wajah aslinya di hadapan petugas bandara. Tak ayal mereka harus menghapus topengnya dan setelah itu memakainya lagi.

Beda dengan yang diterapkan oleh Brujeria, band metal asal Mexico. Topeng bagi mereka untuk menyembunyikan identitas mereka dari orang yang memusuhinya termasuk FBI. Lirik mereka yang fokus dengan satanisme. anti-kristus, sex, penyelundupan narkotika, dan politik membuat mereka menjadi musuh besar bagi negara.

Topeng mereka sendiri pun cukup sederhana hanya memakai bandana yang menutupi separuh mukanya dan dikenakan setiap live.


TOPENG DAN KOSTUM ARTISTIK

Bila kita menilik band asal Jepang, dalam setiap penampilannya terlihat sangat terkonsep dan bagus sekali. Tak hanya menonjolkan kesan glamor saja melainkan juga menampilkan kesan artistik dari topeng dan kostumnya.

Seperti penampilan band metal Malice Mizer dengan dandanannya yang gothic ala bangsawan zaman dulu dengan corpsepaint pucat dan menyeramkan. Hal serupa juga diterapkan oleh Versailles, Moi Dix Mois serta X-Japan saat di awal karir mereka.

Ada juga topeng seram dan sedikit lucu seperti yang digunakan oleh Mix Speaker Inc yang mana mencampurkan tokoh dongeng dengan setan-setan yang biasa ada dalam dongeng.

SERAM, HOROR DAN MENJIJIKKAN

Mungkin untuk band bertopeng menyeramkan masih dipegang oleh band pengusung black metal dari daratan Skandinavia. Dengan atittude dan musik yang menyeramkan seakan lengkap di padu dengan corpsepaint yang benar-benar pucat mengerikan seperti setan. Sebut saja band-band seperti Behemoth, Marduk, Dimmu Borgir, Gorgoroth, Watain, Taake dan masih banyak lagi.

Tak hanya Jepang saja yang mempunyai kostum artisitik dan unik. Band asal Richmond Virginia, Amerika, Gwar mempunyai kostum yang unik. Dengan menggabungkan film sci fi horor dalam musiknya mereka terinspirasi untuk mebuat sebuah kostum yang benar-benar menarik, seram, dan menjijikkan seperti yang kalian lihat di film horor B rated.

Bahkan mereka mengklaim jika mereka adalah alien yang di utus ke bumi untuk menghancurkan umat manusia dan menghancurkan bumi. Mereka membuat sendiri kostumnya yang berbahan latex, stryfoam dan karet keras. Bahkan uniknya kostum ini dapat mencipratkan darah-darahan atau cairan lainnya.

Tak hanya Gwar saja, masih ada Lordi band hard rock asal Finlandia. Mereka juga mempunyai kostum tak kalah menyeramkan yang terinspirasi dari dongeng-dongeng monster abad pertengahan.

Film horor dan musik terkadang menjadi satu ikatan tersendiri. Seperti yang dilakukan oleh Rob Zombie dalam musiknya yang sangat terpengaruh dengan film horor. Bahkan dia juga menyutradarai beberapa film horor seperti HOUSE OF 1000 CORPSES, THE DEVILS REJECT, serta remake film HALLOWEEN, dan film terbarunya berjudul LORD OF SALEM.

Banyak band dari berbagi dunia yang tampil dengan konsep topeng yang mencengangkan kita seperti The Berzeker, Misfits, Mushroomhead, Murderdolls dan sebagainya.

Ada juga yang jauh dari kesan menyeramkan seperti yang dipakai oleh duo DJ asal Perancis, Daft Punk. Topeng mereka yang bernuansa futuritis dan selalu dipakai setiap mereka tampil. Dari topengnya yang dikenakan bisa memunculkan suara yang aneh seperti robot.

Bagaimana dengan musisi dari Indonesia? Ternyata Indonesia juga mempunyai band yang menggunakan topeng dalam penampilannya yang tak kalah seru dengan band barat. Band seperti Dajjal dari Bandung, Purgatory dari Jakarta dan banyak lagi yang mungkin belum terekspos. Owh ya tak lupa band Kuburan yang juga selalu tampil menggunakan corpsepaint walaupun jauh dari unsur gelap.

Perayaan Halloween sudah dekat kira-kira topeng dari band siap yang nantinya akan anda pakai untuk tampil seram di malam Halloween nanti.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar