Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Memaknai Arti Bujang Rantau

Tidak ada komentar

Ini merupakan tulisan pertama saya setelah tidak menulis selama kurang lebih 7 tahunan, terakhir saya menulis waktu masih duduk di bangku SMA. Tiba-tiba keinginan menulis muncul lagi setelah melihat ternyata saya masih memiliki blog. blog ini saya buat pada tahun 2013 entah apa sebabnya. 

Bujang rantau kalau didefinisikan menurut arti kata yang terdabat di KBBI
Bujang sendiri artinya Anak laki-laki dewasa yang masih sendiri sedangkan Rantau artinya daerah atau negeri diluar negeri sendiri atau Kampung Halaman. 
So, Bujang Rantau adalah Anak laki-laki dewasa yang masih sendiri dan telah meninggalkan kampung halamanya untuk pergi keluar daerahnya. 

itu pengertian secara KBBI. menurut saya sendiri Bujang rantau adalah "Anak laki laki bagak nan alah barani kalua dari pangkuan mandehnyo".

Sebenarnya, merantau bukanlah sebuah keinginan bagak atau tidak bagaknya kita, akan tetapi keinginan seseorang untuk mencari sesuatu yang baru yang mungkin tidak didapatkan dikampung halamanya, keinginan untuk mendapatkan ilmu baru, sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang berguna dan bisa nantinya diaplikasikan di Kampung Halamanya. 
Seorang anak jika merantau otomatis akan berpisah dengan orangtuanya, bagi anak laki-laki minangkabau berpisah dengan Orangtua terutama Ibu merupakan hal yang sangat berat, apalagi buat ibunya, akan tetapi merantau telah menjadi sesuatu tradisi sehingga telah menjadi suatu keharusan bagi anak laki-laki minangkabau yang telah dewasa,.

Kenapa merantau ? banyaknya desakan dari masyarakat kepada anak laki-laki mengenai kegiata yang mereka lakukan dikampung halaman, apakah kerja ? atau hanya main-main ? sehingga bagi anak laki-laki minang yang tidak melanjutkan sekolah dan tidak bekerja di kampung halaman, keinginan merantau otomatis akan muncul melalui desakan pertanyaan-perntanyaan konyol dari masyarakat. 

Kenapa banyak anak rantau yang tidak pulang ? sebenarnya menurut saya ini sederhana, bagi anak rantau yang merasakan masih belum berhasil berat rasanya untuk pulang, dikarenakan apa ? pertanyaan-pertanyaan konyol pasti akan muncul lagi, seperti : Dima ang karajo kini ? bara gaji ang ? hal remeh yang bisa membuat seseorang yang merindukan kampung halaman jadi malas pulang. 
Setelah berhasilpun keinginan untuk pulang lambat laun akan menipis, dikarenakan apa ? si anak rantau akan berpikir, buat apa pulang ? waktu kita susah saja orang kampung tidak ada yang mau bantu, sehingga di ikatan tali yang dibuat di rantau semakin erat dan kencang. 

Bujang Rantau, 
Bandung, 29 April 2017 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar