Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Ondeh Mandeh | Part 1 | Pantai Batu Kalang, Tarusan, Pesisir Selatan

Tidak ada komentar


Liburan ke Kabupaten Pesisir Selatan di Sumbar saat libur sekolah, ada banyak pantai indah yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Batu Kalang.

Sebelumnya, hampir semua wisatawan yang berlibur ke kabupaten ini selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Caracok yang sudah terkenal. Kini, kabupaten dengan slogan Negeri Sejuta Pesona ini memiliki alternatif wisata pantai yang tidak kalah cantiknya. Pantai tersebut adalah Pantai Batu Kalang.

Pantai Batu Kalang terletak di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto XI tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Dari Kota Padang jaraknya berkisar 56 Km. Lokasi pantai ini sangat mudah ditemukan karena masih berada di sisi Kawasan Mandeh.

Jika datang dari arah Padang, maka setelah dari Pasar Tarusan Anda akan menemui persimpangan dimana ke kiri menuju arah Painan sedangkan ke kanan menuju Kawasan Wisata Mandeh. Terus ikuti jalan tersebut hingga berjumpa lagi dengan persimpangan, lalu ambil ke arah kiri.

Dari simpang tersebut jalan menuju Pantai Batu Kalang terbilang sempit. Jika ada kendaraan dari dua arah saling berhadapan, maka harus ada yang mengalah. Selain itu kondisi jalan juga kurang baik dengan lubang – lubang pada beberapa sisi.

Jika tidak ingin melewati jalan ini, sekarang pemerintah setempat telah membangun jalan alternatif untuk menuju pantai ini. Jalan tersebut berada sebelum Anda memasuki Pelabuhan Carocok Tarusan.

Pada sisi kiri jalan terdapat jalan dengan kondisi mulus. Jalan ini dibuat lebih tinggi daripada sisi kanan kirinya yang berupa rawa.

Setelah melewati jalan tersebut, sampailah di Pantai Batu Kalang. Di tepi pantai banyak payung – payung peneduh yang ditujukan bagi pengunjung. Selain itu banyak pula warung – warung penjaja makanan dan minuman, jadi tidak perlu khawatir bagi yang tidak membawa persediaan bekal.

Selain memiliki pasir putih, Pantai Batu Kalang juga punya batu – batu granit berukuran besar yang berada pada sisi ujung pantai ini. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati sebuah jembatan lalu memarkirkan kendaraan dan lanjut jalan kaki sejauh 200 meter.

Pada kedatangan saya yang pertama kali di bulan Mei 2016, pengguna sepeda motor dapat dengan leluasa melewati jalan dengan lebar sekitar 1,5 meter menuju titik di mana batu – batu besar itu berada.

Namun, di kunjungan saya yang kedua pada libur lebaran ini jalan tersebut ternyata telah hancur yang kemungkinan akibat diterjang gelombang besar. Sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui lagi oleh sepeda motor.

Semoga hal ini dapat diperbaiki untuk menunjang pantai ini sebagai alternatif pilihan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan selain Pantai Carocok.

Kembali lagi ke batu granit ala Belitung, setelah tiba di sisi ujung pantai ini kita akan menemukan sehamparan pasir pantai yang berpadu dengan batu – batu granit berukuran besar.

Batu – batu inilah yang menjadi  dasar penamaan pantai ini, Batu Kalang yang dalam bahasa setempat mempunyai arti yaitu Batu Penghalang. Batu Kalang sendiri terbagi menjadi dua yaitu Batu Kalang Mandeh yang dapat Anda temukan jika berjalan ke arah Selatan dan Batu Kalang Ketek yang berada di arah barat laut.

Dengan segala keindahannya, maka sudah sepatutnya bila Pantai Batu Kalang semakin diperhatikan oleh pemerintah setempat. Apabila pantai ini dikelola dengan baik serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, maka sangat mungkin sekali Batu Kalang menambah koleksi destinasi unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan.


Silahkan Nikmati Kunjungan kami ke Batu kalang Melalui Video Ini :


Terima Kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar