Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Koto Baru : Cita Rasa Makanan di Nagari Seribu Cerita

Tidak ada komentar

Koto Baru,  merupakan sebuah nagari di Kabupaten Solok yang memiliki seribu cerita dan banyak keunikan. Selain memiliki beberapa keunikan, nagari/desa ini juga memiliki beberapa Tempat Kuliner yang mampu menggugah selera anda.  Tempat kuliner disini tidak juga kalah dengan kuliner kuliner di daerah lainnya. Dari Ibukota Provinsi Sumatera Barat memiliki jarak tempuh ±55 Km dan hanya dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. 

Di artikel ini anda akan menikmati makanan nikmat dari Desa Kotobaru untuk menemani aktivitas Anda di Nagari ini. Selamat Menikmati. 

Berikut 5 tempat makan yang menggugah selera di Koto Baru :

1. Lontong Ajo

Lontong Ajo
Lontong Ajo ini merupakan sebuah tempat makanan yang bertempat persimpangan Jl. Munggu Rajo, Pakan Akek, Koto Baru. Lontong Ajo ini mulai dibuka dari jam 6 Pagi. Anda dapat membeli lontong ini pada waktu pagi hari, sehingga dapat mengenyangkan perut anda dan semangat untuk melakukan aktivitas untuk siang harinya.

Toping Tambahan Menemani Sarapan Anda

Sesuai dengan namanya,  disini menjual lontong dengan Gulainya, "Gulai Cubadak" atau Nangka dalam bahasa Indonesianya.  Selain Gulai Nangka, disini juga menyediakan Gulai Taucho. Lontong disini sangatlah sedap untuk disantap dan mampu menggugah selera para pengunjungnya. Tidak hanya Lontong,  disini juga menjual Kolak Kacang Padi yang tidak kalah enak dari lontong tersebut. 

Kisaran harga makanan disini beragam, 1 porsi lontong cuma seharga Rp.8000 dengan toping Telur, cukup murah, ini yang membuat warung ini selalu ramai dikunjungi pelanggan di pagi hari. 

Lontong Simpang Tigo
Tertarik Sarapan disini ? 
Jangan lupa untuk mencoba. 

2. Pondok Lesehan Nasi Goreng Sari Wangi



Nasi Goreng
, makanan lezat yang akan membuat perut kosong anda berbunyi dan akan membuat anda menjadi sangat lapar. Apalagi dengan Nasi Goreng Sari Wangi ini yang akan mampu menggugah selera anda. Pondok Lesehan Sari Wangi ini sendiri berada di Jl. Lintas Solok-Padang dan mulai dibuka pada saat siang hari. Disini anda akan dimanjakan makanan-makanan yang mampu mengisi perut kosong anda pada siang hari. 


Berbagai macam menu tersedia disini dan tentu saja sangat mengugah seleran anda.  Tidak hanya makanan, minuman seperti jus juga ada di pondok lesehan tersebut.

Menu Favorit disini memang nasi goring, tapi anda jangan ragu untuk mencoba menu lainya, Seperti menu Ayam Penyet, dengan sambal khas nasi goring sariwangi. Anda bukan hanya dibuat kenyang tetapi cita rasa lidah anda akan dibuat puas. 

Makanan Enak Harga Mahal ? Tidak, anda salah besar, disini yang membuat tempat makanan ini selalu ramai, karena harga murahnya, sehingga anak sekolahpun menjadikan Nasi Goreng Sari Wangi ini sebagai tempat makan. 

3. Pondok Minuman Sate Gadang

Sate Gadang

Sate Gadang? Sudah tentu tidak asing lagi bagi anda penghuni ranah minang. Sesuai dengan namanya Pondok Minuman Sate Gadang menjual sate yang sangat lezat  dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata kelezatannya.

Tampak Depan Pondok Sate

Sate Gadang mulai dibuka pada siang hari, sehingga anda dapat makan siang disini Sate Gadang ini berada di Jl. Lintas Solok-Padang.

Menikmati lezatnya sate gadang kurang lengkap tanpa "toping" tambahan, anda bisa menambahkan keripik khas sate gadang, membuat rasa sate menjadi lebih nikmat. 
Berkunjung lah pada siang hari, selain menjadi varian baru untuk makanan siang anda, sate gadang pun cukup untuk membuat anda kenyang. 

Kripik Pelengkap Sate Anda

Berlokasi di depan Pom Bensin di jalan lintas ini, tidaklah sulit untuk menemukan tempat ini, berada di area strategis membuat Sate Gadang dikunjungi bukan hanya oleh warga setempat, akan tetapi warga daerah lain yang kebetulan melewati jalan ini bisa singgah untuk mencicipi makanan ini. 

Plang Sate Gadang

Tertarik ?
Berkunjunglah di siang hari, 

4. Palanta Pordeo Tahu Brontak

Tahu Isi dan Tahu Brontax kas Palanta Pordeo

Siapa sih yang tidak doyan Gorengan ?
Nah, di Kotobaru anda bisa menemukan pondok gorengan dengan pengunjung yang membludak. Ya, Palanta Pordeo namanya. 

Palanta Pordeo

Palanta Pordeo Tahu Brontak merupakan sebuah palanta atau tempat makan yang berada di Jl. Lintas Solok-Padang dan mulai dibuka sekitar jam 4 sore. Palanta disini sendiri menjual beberapa jenis tahu yaitu, Tahu Brontak,  Tahu Sumedang, dan Tahu Isi. Tahu Brontak ini berbeda dengan tahu lainnya,  karna Tahu ini berisi kol dan sayur yang sangat lezat , jika ditambah dengan saus sambalnya.

Nah yang membuat istimewanya adalah Saus Sambalnya. Tidak akan anda temukan di tempat gorengan manapun. Berbeda dan lebih nikmat. 

Tahu Sumedangnya juga lezat, dan akan tambah sedap jika kita tambah juga dengan saus sambalnya. Berbeda dengan Tahu Isi,  tahu isi ini berisikan dengan mie, kol dan sayur. Tidak hanya makanan,  disini juga memiliki beberapa aneka minuman yang dapat mengatasi kehausan anda. Tahu-Tahu disini dapat mengganjal perut anda dan mengisi perut kosong anda. Dan sekaligus tahu tersebut dapat menjadi cemilan anda pada sore hari.

5. Martabak Kacang Putra Sedayu

Martabak Kacang

Martabak Kacang ini berada di Jl. Lintas Solok-Padang, Simpang Perumnas Batu Kubung. Dan martabak ini sendiri dibuka pada sore hari, sekitar jam 4 sore. Martabak Kacang ini sangat lezat dan gurih, dapat anda jadikan sebagai cemilan sore hari dan pengganjal perut lapar anda.

Martabak ini memiliki spesifikasi dan rasa yang bervariasi.  Seperti Martabak Cokelat kacang. Martabak disini juga dibagi 2, yaitu martabak Biasa dan Spesial. Martabak Biasa dibandrol dengan harga yang tentu dibawah harga Martabak Spesial. Martabak spesial pun tidak begitu mahal,  hanya belasan ribu. Jadi, anda tidak perlu cemas untuk mengeluarkan kocek yang terlalu dalam.



****
Berkunjung ke Koto Baru ?
Jangan lupa untuk Wisata Kuliner 
****

Solok, Juli 2017
Fathurrizqi Aulia

Follow Me : 





Tidak ada komentar :

Posting Komentar