Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Pawole Island : Pasir Putih di Pulau Tak Berpenghuni

Tidak ada komentar

Satu hal yang selalu membuat saya kagum dengan pesona Nusantara khususnya bagian timur dari Indonesia yang kaya dengan wisata baharinya, pantai dengan pasir putih, air laut yang biru, makanan khas wilayah pesisir.
Gugus Kepulauan Maluku punya segudang daya tarik, salah satunya Provinsi Maluku Utara bisa dijadikan referensi wisata bagi anda yang merencanakan perjalanan ke Bagian Timur Indonesia. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah pulau Pawole, termasuk ke dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Halmahera Utara, Prov Maluku Utara. 

Beruntung saya berkesempatan bekerja di wilayah Maluku Utara ini, dan bisa membuktikan bahwa Indonesia itu memang indah (#Indonesiaindah), inilah sebuah anugerah dari yang namanya merantau, jadi selagi masih bujang dan berada diperantauan, manfaatkanlah semaksimal mungkin untuk mengeksplorasi daerah rantau yang ditempuh. Kembali ke objek wisata Pulau Pawole. Mungkin pulau kecil ini belum terlalu terdengar di Indonesia.
****
Bagaimana cara menuju Pulau Pawole? 

Bagi anda yang berasal dari luar Provinsi Maluku Utara, anda bisa melakukan penerbangan menuju Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate. Sesampainya di sana anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Speed boat dengan menggunakan ojek dengan harga Rp 20.000- 30.00, dan pilih speed boat menuju ke Sofifi, harga untuk sekali naik speed boat Ternate-Sofifi Rp. 50.000,- sesampai di Sofifi anda sudah disambut dengan banyak nya mobil angkutan penumpang dengan tujuan Tobelo untuk tarifnya sendiri Rp. 150.000,- dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan. Nah sesampainya di Tobelo kemungkinan akan bermalam, tidak usah khawatir karena di Tobelo sendiri terdapat banyak penginapan, mulai dari harga Rp 50.000 ,- itu tergantung pilihan masing masing traveler.
Pulau Pawole terletak tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Halmahera Utara yaitu Tobelo. Secara Geografis Pulau Pawole terletak di sebelah timur Pulau Kakara atau barat Pulau Tagalaya dan dapat dicapai dengan mudah dari pelabuhan Tobelo. Tidak tersedia transportasi umum ke Pawole sehingga untuk ke sana dapat dilakukan dengan menyewa perahu tradisional ketinting biasanya dengan tarif Rp. 15.000,- sekali jalan.
Tampilan Perahu Ketinting

Perjalanan Menuju Pulau Pawole

View di Sepanjang Perjalanan
Pulau Pawole merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni. Hampir seluruh pesisir pulaunya didominasi oleh bebatuan karang, namun ada juga bentangan pasir putih yang ditawarkan, Pulau Pawole merupakan yang terbaik di antara pulau-pulau kecil yang tersebar di dekat Kota Tobelo. Sebagai salah satu pulau terluar, Pawole memiliki arus laut yang tergolong deras apabila dibandingkan dengan pulau-pulau sejenis lainnya.

Tampilan Karang Pulau Pawole
 Untuk masuk ke pulau ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Sesampainya di pulau ini ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan disini, selain berenang dan snorkeling, berjalan mengitari pulau bisa jadi pilihan lain yang dilakukan. Dengan diameter pulau yang kecil, Pawole dapat dikelilingi dengan berjalan kaki hanya 15 menit saja. Namun untuk yang satu ini hanya dapat anda lakukan pada saat air laut sedang surut. Selain itu beberapa wisatawan lokal, ada yang berkunjung ke pulau ini hanya sekedar untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga, teman ataupun sahabat dan makan-makan pastinya.

Suasana Pantai yang Sejuk dan Rindang

Sedikit rekomendasi untuk yang akan berkunjung ke sini, pastikan membawa makanan, karena di sini tidak ada yang menjual makanan ataupun minuman.
Satu yang menjadi perusak tampilan di pulau ini, tidak lain dan tidak bukan adanya sampah, hal ini mungkin juga karena tidak adanya pengelola di pulau ini, mungki jika pulau ini diperhatikan oleh pemerintah daerah bisa menjadi objek wisata yang terkemuka di Halmahera Utara.

Sampah Yang tidak Terkelola
 Sampah memang selalu menjadi permasalahan saat kita berkunjung ke setiap Objek wisata,  beberapa sampah di sini juga dibawa oleh arus laut dan ombak ke pantai ini. Mungkin masih banyak pengunjung yang membuang sampah ditempat ini dan dilaut.
Untuk perjalanan kembali menuju Tobelo, sebaiknya anda membuat janji terlebih dahulu dengan operator ketinting untuk dijemput sesuai jam yang dikehendaki.

****

Estimasi untuk biaya total perjalanan.
  1. Ojek Bandara - Pelabuhan Speed Boat (PP)  : Rp. 60.000
  2. Speed Boat Ternate - Sofifi (PP) : Rp. 100.000
  3. Angkutan Umum Sofifi - Tobelo (PP) : Rp. 300.000
  4. Ketiting Tobelo - Pulau Pawole (PP) : Rp. 30.000  
Total Biaya : Rp. 490.000,- (Lebih Kurang) 

****


Stop Buang sampah ke laut  - Be a 'responsible traveler' and respect for the destinations we visit.
Help sustain the natural and cultural beauty of a destination by leaving it untouch by reducing your use and waste of precious resources such as water, food and energy. 

Sekian,
Pawole, Halmahera Utara
May 2017

Abrar Analdi


Follow Me : 




Tidak ada komentar :

Posting Komentar