Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Pesona Danau Linow, Danau 3 Warna Di Utara Sulawesi

Tidak ada komentar



Indonesia Memang tidak pernah habis dengan Pesonanya, baik dengan keanekaragaman suku, bahasa, budaya, makanan dan yang pasti bentangan alamnya, mulai dari ujung Sumatera hingga Ujung timur Papua. Seperti yang disampaikan wisatawan asing yang pernah bertemu pada beberapa kesempatan trip yang dilakukan, “Indonesia itu seperti potongan surga yang tertinggal di Bumi”. Mungkin benar adanya ungkapan tersebut.



 Salah satu tempat unik yang bisa dijadikan referensi jika anda mengunjungi bagian Utara dari Pulau Sulawesi yaitu kawasan Danau Linow. Objek Wisata ini memang belum begitu terdengar oleh wisatawan yang berasal dari luar Sulawesi Utara, Danau yang terletak di Desa Lahedong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Minahasa Sulawesi Utara.
Kata Linow diambil dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air. Di danau ini, kata sang pengelola tempat, warna air yang dapat berubah-ubah warna menjadi hijau, biru dan kuning kecoklatan. Diduga perubahan terjadi karena unsur belerang yang tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah sewaktu-waktu.

Perjalanan Menuju Danau Linow

Semula tidak ada rencana untuk mengunjungi kawasan wisata ini, namun berbekal sebuah rekomendasi dari seorang teman tentang pesona Danau Linow tidak ada salahnya juga untuk mengunjunginya, tujuan awal saat saat dijemput oleh rekan kerja yang kebetulan memiliki jadwal libur yang sama, pembicaraan tentang kawasan wisata ini pun berlansung tidak lama setelah saya di jemput di Kota Manado untuk menuju kawasan Danau Tondano, kamipun sedikit merubah arah perjalanan sebelum dan menuju Danau Linow.
Keadaan Geografis Kota Tomohon yang berada diantara dua gunung yakni Gunung Lokon dan Gunung Mahawu menjadikan kawasan ini terasa begitu sejuk.
*View Gunung Lokon dari Pagoda Ekayana-Tomohon
*Kawah Gunung Mahawu
 Selama perjalanan, kita akan disajikan pemandangan hijau dari perbukitan yang ditumbuhi pepohonan besar. Gunung Lokon yang masih aktif juga ikut menjadi panorama yang tersaji di sini. Memiliki bentuk hampir segitiga sempurna, gunung ini seakan memanjakan mata dengan hijaunya pepohonan.
Danau ini berjarak sekitar ± 30 km dari ibu Kota Manado atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan, Danau Linow dapat ditempuh 3 km arah ke barat dari Kota Tomohon. Danau ini katanya juga bisa dicapai dengan angkutan umum dari teminal bus di kota terdekat, yani Kota Tomohon. Setelah itu, perjalanan berlanjut dengan jalan kaki kurang lebih sekitar 700 Meter untuk sampai ke Danau Linow, kita hanya perlu mengikuti arah dari papan-papan penujuk yang sudah tersedia.
Untuk memasuki lokasi wisata Danau Linow tergolong murah kita cukup membayar karcis masuk per orang Rp 25.000. Karcis ini bisa ditukar dengan minuman kopi khas Minahasa dan cookies di café, di sini juga tersedia beberapa makanan pendamping untuk menikmati secangkir kopi atau teh, Tapi kalau mau pesan makanan seperti pisang goreng, bakmi atau minuman soft drink, harus bayar lagi ya, karena tidak termasuk dikarcis masuk.

Saat kita sampai diparkiran tempat wisata ini kita sudah disambut bau menyerupai telur busuk langsung menusuk hidung. Aroma ini tidak lain dan tidak bukan adalah aroma belerang yang yang cukup banyak terdapat di sekitar danau. Konon katanya, belerang tersebut merupakan sisa-sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu.

Lokasi sumber aroma belerang

 Sedikit terjadi kesalahan Saat saya dan rekan-rekan berkunjung ke Danau Linow, kami berkunjung sekitar jam 3 sore waktu setempat, sayangnya pada saat datang kami disambut dengan cuaca yang sedikit gerimis.  Lebih disarankan bagi yang akan berkunjung usahakan datanglah pada pagi hari saat udara masih bersih. Karena di waktu itulah saat yang paling tepat untuk menikmati keindahan Danau Linow. Sunyi dan menenangkan menjadi suasana yang bisa didapatkan. Selain eloknya keindahan, cuaca di kawasan danau juga sangatlah sejuk.

*View Pinggiran danau
Satu hal yang perlu menjadi perhatian, pengunjung jangan coba-coba untuk berenang. Karena kandungan belerang yang tinggi bisa membuat tubuh terluka dan berakibat fatal.
Kawasan wisata Danau Linow  ini juga sangat cocok bagi para penggila Fotografi, karena banyak spot-spot yang menarik untuk diabadikan. Jadi bisa dimasukkan ke list perjalan liburan anda.
Setiap perjalanan inilah yang menguatkan saya saat berada jauh dari kampung halaman (baca: merantau), dan hal ini jugalah yang membuat saya bangga dan bersyukur terlahir di Indonesia. Tinggal masing-masing kita bagaimana cara mensyukurinya dengan tidak merusak apa yang sudah diberikan kepada kita. Let’s Explore Indonesia.

Sekian
Sulawesi Utara, September 2016
Abrar Analdi



Follow Me : 




Tidak ada komentar :

Posting Komentar