Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Wisata Religi : Melihat Sisi Lain Mesjid Raya Kotobaru Solok.

Tidak ada komentar

Untuk mendapatkan sebuah ibadah yang khusyu' kita juga harus perlu beribadah di tempat yang nyaman dan bersih. Seperti di Mesjid Raya Koto Baru Solok ini. Mesjid ini sendiri bertempat di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jarak tempuh dari Padang menuju mesjid ini ±52 km dengan waktu 2 jam.

Tampak Depan Mesjid Raya Kotobaru Solok
Mesjid ini memang tidak semegah mesjid mesjid lainnya yang berada di Kabupaten Solok. Tetapi, mesjid ini sudah cukup lama dibangun, sekitar puluhan tahun. Dan banyak sejarah yang terdapat pada mesjid ini. Fasilitasnya pun tidak kalah dengan mesjid lainnya. Seperti : kamar mandi dan tempat wudu' nya yang cukup bersih, bagian dalam mesjid yang sejuk pun tersaji dalam mesjid yang megah.

Jalan Menuju Tempat Berwudhu dan Toilet Mesjid
Tempat Wudhu yang berada di depan pintu masuk Mesjid
Dan bagi anda para muslim travelers, anda juga akan menikmati betapa indah dan sejuknya mesjid nan satu ini. Dan disana anda akan khusyu' beribadah kepada Allah Swt. karena anda tidak akan terganggu oleh masyarakat sekitar. Bahkan disekitar masjid, terdapat beberapa tempat penting seperti, Kantor Wali Negari Koto Baru dan Rumah Gadang yang identik sebagai Rumah Adat Sumatra Barat.

Selain itu terdapat beberapa sejarah dari mesjid tersebut. Menurut beberapa orang sekitar dan buku sejarah tersebut, mesjid tersebut sudah berdiri sejak 1922, mesjid yang awalnya bernama mesjid batu koto baru ini konon katanya didesain oleh arsitek asal Jepang. Dan setelah bertahun tahun akhirnya dilakukanlah renovasi besar besaran. Terus dilakukan renovasi. Pada akhirnya, terbentuk lah mesjid yang megah dan menghasilkan beberapa accesoris yang indah dipandang seperti kubahnya dan masih banyak lainnya.
Pintu Utama Mesjid
Tampak Dalam Mesjid
Sekarang, mesjid ini tampak lebih megah dan indah. Dan hanya memiliki sedikit perbaikan bagi mesjid ini. Meskipun begitu, anda juga tetap akan khusyu' dan nyaman beribadah kepada Allah Swt.

Tempat Penitipan Sendal & Sepatu
Jadi, untuk mencapai sebuah ibadah yang sempurna, tempat beribadah juga haruslah bersih dan nyaman.

Selamat berwisata religi dan menambah ilmu islami !

Solok, Juli 2017
Fathurrizqi Aulia

Follow Me : 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar