Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Bukit Jaddih : Pesona Tambang Kapur di Madura

Tidak ada komentar

Berjarak 48  menit dari Kota Surabaya, rute tercepat dilalui dengan sepeda motor adalah via Tol Suramadu. Terletak di Pulau Madura, sulit membayangkan bekas tambang kapur menjadi sebuah salah satu objek wisata yang ramai di kunjungi.  Lebih tepatnya Bukit Jaddih ini terletak di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. 

Lamban laut pulau Madura sudah mulai menghilangkan ke identikannya dengan ronsokan besi tua, jembatan suramadu ataupun bebek sinjai. Sekarang mereka memiliki primadona baru dari segi wisata mereka, cukup hangat dibicarakan masyarakat sekitar, terutama kalangan pemuda yang hobi travelling. Sayang rasanya kalau kita mengujungi Madura tidak mencoba ke objek wisata ini. 

Pertambangan Kapur yang Masih Aktif

Terlihat tidak terlalu istimewa, objek wisata ini sudah menjadi salah satu alternatif tempat pre-wedding pasangan yang akan menikah di pulau Madura. Terbukti waktu kami berkunjung kesana terlihat keringat fotografer yang tidak tahan panasnya pulau Madura untuk memadu pasangan yang akan dia potret. 

Keistimewaanya Bukit Jaddih ini adalah bongkahan – bongkahan batu kapurnya, dimana saat ini masih ada pengalian tambang oleh masyarakat sekitar.  Tebing-tebingnya memang tidak terbentuk alami, melainkan akibat pahatan para penambang kapur yang mengais rejeki ditempat ini selama bertahun-tahun lamanya. Kikisan itulah yang membuat suatu pesona dari bukit ini. 

Hal menarik lainya di bukit ini adalah, adanya kolam pemandian alami, masyarakat setempat menyebutnya dengan “Aeng Gowa Pote” yang berarti Air Gua Putih. Awal mulanya pemandian ini merupakan bekas galian tambang kapur yang kemudian memancarkan mata air secara alami. 

Namun dibalik keindahan bukit jaddih ini tetap diminta kehati-hatian kita dalam mengunjungi lokasi ini, Karena lokasi ini masih digunakan sebagai penambangan kapur yang masih aktif.

Keindahan Tersendiri Bukit Jaddih

Dikawasan ini anda juga bisa menikmati sebuah danau bekas galian tambang. Masyarakat setempat menyebut danau ini dengan Danau Biru. Tapi sangat disayangkan, ketika kami sampai disana air danaunya tidak biru. Tapi lebih ke hijau.

Sampan Madura siap Menemani Anda

Anda bisa berfoto di tengah tengah danau ini dengan menaiki sampan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola objek wisata ini. Dengan sampan yang bertuliskan Madura ini anda bisa berkeliling danau ini. 

Sampan Danau Biru

Ramainya Pengunjung di Teriknya Mentari
Panasnya pulau Madura tidak membuat pengunjung berkurang, demi eksistensi di dunia maya, pengunjung rela berkeringat untuk mendapatkan sebuah foto yang layak untuk di pajang di social media mereka. 

Indahnya Hamparan Danau di Tengah Tengah Bukit Kapur

Dengan membayar tiket masuk yang tergolong murah, dan berlokasi lebih dekat dari tol suramadu, kepuasan saat mengunjungi lokasi ini terpuaskan, walaupun harus dilalui dengan perjalanan yang penuh debu, akibatnya kendaraan kita akan keluar dalam keadaan putih atau penuh debu akibat mengunjungi objek wisata ini. 

Walaupun Cantik, Tapi Jangan Berenang

Waktu terbaik berkunjung kelokasi ini adalah ketika siang hari, dalam keadaan hujan mungkin lokasi ini tidak akan menarik bagi pengunjung, dikarenakan tebing tebing kapunya akan terlihat kurang bagus.

Bukit Jaddih dan Danaunya

Untuk anda yang berkunjung ke Bukit Jaddih ini, dan ingin membawa buah tangan untuk keluarga dirumah. Tidak usah risau, terdapatnya satu buah kios yang menyediakan oleh oleh khas Madura, anda bisa membelinya di kios ini. 

Kios Oleh-Oleh di Bukit Jaddih
 
Perjalanan singkat kami di pulau Madura hanya sampai di bukit jaddih, terik matahari semakin menjadi jadi, kamipun tak sanggup melawanya, kami bersiap siang itu untuk kembali ke Surabaya, dengan kembali melewati Jembatan Suramadu dengan jarak tempuh yang sama, 48 menit kurang lebih.
**** 

RUTE MENUJU BUKIT JADDIH

Memakai sepeda motor, anda cukup melewati jembatan suramadu, tetap berada di jalur Moh. Noer, belok kiri sebelum menemui jl. Suramadu, belok kanan kea rah Jl. Raya Labang dan anda tinggal lurus berkendara di Jln. Raya Jaddih di Parseh.

HARGA TIKET MASUK BUKIT JADDIH

Untuk pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.3000 / orang (17 Agustus 2017).
Untuk Motor dikenakan biaya parkir Rp.5000 / motor (17 Agustus 2017).
Untuk Mobil dikenakan biaya parkir Rp.10.000 / mobil (17 Agustus 2017).

****
Rantau bisa ditaklukkan jika Bersama.
Menjelajahi #Indonesiaindah bisa kita lakukan di tanah rantau, Karena kesempatan kita banyak, jangan berdiam darumah, ketika kesempatan itu datang.

Kritik dan Saran Mohon tuliskan di kolom komentar.
Madura, 17 Agustus 2017
Bujang Rantau Team.
  

Tidak ada komentar :

Posting Komentar