Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Bunaken : Surga Yang Terlupakan di Utara Sulawesi

Tidak ada komentar

Indonesia adalah Negeri dengan sejuta pesona, kaya dengan adat, budaya, suku, kuliner, bahkan bentangan alam yang sungguh luar biasa, baik di permukaan atau bawah laut, alam negeri ini memang begitu mempesona tak ada habisnya. Salah satu pesona tersebut berasal dari Sulawesi Utara, Provinsi yang mempunyai sebuah taman bawah laut eksotis, konon katanya terkenal ke seluruh penjuru dunia. Bunaken namanya, yang merupakan Taman Laut Paling Terkenal dari Sulawesi Utara.


Setelah Raja Ampat, "Surga Bawah Laut Dunia"  di Papua Barat, Bunaken di Manado bisa dibilang memiliki taman bawah laut yang sangat indah. Taman laut bunaken merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara.
Ya mungkin nama ini sudah mulai meredup beberapa tahun terakhir ini, padahal sebelumnya Bunaken ini sangat terkenal dan jaya jayanya sekitar periode 90-an jauh sebelum muncul pesona Indonesia lain dan mulai terkenal.
Artikel ini ditulis setelah saya berkesempatan berkunjung ke salah satu Taman Laut terbaik Negeri ini September 2016.
***
Letak Geografi Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara , IndonesiaTaman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut.

***

Sejarah Taman Laut Bunaken

Dari beberapa literature mengatakan Taman Nasional Laut Bunaken pertama kali ditemukan oleh kelompok penyelam yang melakukan ekspedisi penyelaman di Bunaken sekitar tahun 1975.
Taman nasional yang katanya didirikan sekitar tahun 1991 dan mempunyai  luas wilayah sekitar 890.65 km², dan 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sedangkan 3% sisanya merupakan daratan, Taman Nasional ini terdiri dari lima pulau: BunakenManado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.
Menurut para ahli, kedalaman laut Bunaken sekitar 4.000 kaki yang dihuni lebih dari 2.000 spesies ikan dan terdapat sekitar 500 jenis gugusan karang yang tak pernah ditemukan sebelumnya.
Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup berdesakan di taman laut bunaken. Dan yang ada di bawah laut Taman National ini kata penduduk sekitar sudah terbentuk ratusan tahun yang silam. Alam bawah lautnya menyimpan berbagai jenis terumbu karang dan ikan yang konon hanya ada di Indonesia. Bagi traveler yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan untuk traveler.
Alamnya yang tenang dan damai memberi sensasi lain dari kehidupan rutin masyarakat di tengah-tengah kota Manado yang sibuk. Bunaken tidak hanya menjadi milik penduduk pulau Bunaken sendiri, tapi merupakan aset nasional di bidang pariwisata dan telah menjadi milik semua orang yang mengagumi pesonanya.
Bagi traveler yang menggemari olahraga snorkeling atau diving, tentu akan sangat dimanjakan apabila berkunjung ke Bunaken. Berita baiknya, tingkat visibilitas air di Bunaken bahkan dapat mencapai 20-40 meter. Sedangkan bagi yang suka diving, Bunaken memiliki salah satu spot menarik yang berupa terumbu karang vertikal yang terjal atau underwater great walls dengan kedalaman antara 25-50 meter. Rasanya seperti berenang di depan tembok terumbu karang yang luar biasa indah (kurang lebih seperti RED LINE-nya  One piece).
Selain menyelam ada aktifitas lain yang juga bisa dilakukan, Snorkling misalnya, Wisatawan yang hendak snorkeling biasanya akan diberikan tempat dengan kedalaman 5-10 meter tersebut masih bisa dinikmati pandangan mata tanpa harus menyelam terlalu dalam.
Tanpa perlu diving, traveler dapat melihat jelas keindahan biota bawah laut Bunaken, bagi yang tidak bisa berenang bisa melihat aneka biota laut ini dari perahu dengan lantai yang menyediakan kaca.
Biota laut dan juga gurita juga mudah ditemui disini. Lautnya terdapat terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, mandarin fish, ikan pari, ikan berwarna-warni seperti nemo banyak dijumpai disini, tak hanya ikan, kura-kura, kuda laut, gurita, dan Bintang laut juga dapat ditemui disini.

Cantik Bukan ? Tampilan Bawah Laut
Bisa Melihat ini Lebih Dekat ??

Namun sangat disayangkan, beberapa terumbu karang dan biota laut mati, dan juga menangkap ikan disini belum dilarang, masih ada beberapa pengelola yang menangkap ikan secara bebas. Meskipun hampir sebagian terumbu karang mati, namun traveler yang snorkeling masih dapat menuju pinggiran palung untuk melihat keindahan bawah laut. Akibatnya, Bunaken tidak masuk dalam 10 besar destinasi wisata oleh KEMENPAR. mungkin yang berkontribusi adalah sampah, sampah yang mulai memenuhi laut,
Sudah sepatutnya Pemerintah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, dan Kementrian Pariwisata berbenah.

Spot Pinggiran Palung
Spot Pinggiran Palung

***

Bagaimana Ke Bunaken?

Bagi traveler yang tertantang untuk snorkeling atau diving ke Bunaken, namun berada diluar Sulawesi Utara bisa merencanakan tripnya menuju Bandara SAM Ratulangi,  dan melewati perjalanan darat sekitar 40 menit menuju Pelabuhan Manado dari Bandara, Bunaken sendiri berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika traveler menggunakan speed boat serta ada juga pilihan menggunakan kapal feri menuju Bunaken yang berangkat setiap hari.
Tapi sebelum memasuki Taman Nasional Bunaken, traveler diharuskan terlebih dulu membeli tiket masuk. Tiket masuknya dapat dibeli di beberapa operator wisata bahari hingga counter tiket di Pulau Bunaken atau Siladen.
Saat saya berkunjung saya memilih menggunakan perahu Motor, dengan alasan untuk dapat lebih menikmati perjalanan.

Tampilan perahu Motor menuju Bunaken
Menado Tua berdiri gagah selama perjalan menuju Bunaken

Saat kapal mulai bersandar dipantai pulau Bunaken, kita sudah bisa langsung mengabadikan foto disini.


 Berita baik lagi buat anda para traveler, Tidak ada masa off seasons untuk mengunjungi taman laut ini, yang artinya traveler bisa kapan saja mengunjungi dan menyelam di Bunaken. Akan tetapi lebih dianjurkan traveler untuk menyelam di taman nasional bunaken pada bulan Mei s/d Agustus, karena pada saat itu traveler akan disambut dengan air laut yang jernih dan begitu hangat dengan temperatur udara 26-31 derajat celcius.
Sedikit saran, jika berkunjung ke Bunaken sebaiknya berangkat pagi hari dari dermaga Manado, agar bisa menikmati keindahan bunaken lebih lama.
Bagi traveler yang tergila gila dengan fotografi bawah laut, bisa dipastikan akan bahagia apabila berkunjung ke taman laut bunaken ini, karena disini traveler bisa mendapatkan foto yang menarik untuk diabadikan yang sangat jarang anda dapatkan didaerah lain, dan beruntungnya lagi sampah belum memenuhi spot-spot tersebut hanya diarea pesisir pantai saja.
Jadi Traveler tidak perlu khawatir tentang sampah tersebut, tapi sebagai pengunjung yang baik kita, kita harus turut berpartisipasi agar tidak membuang sampah ke Laut.


Setelah puas dengan bermain air di sini juga disediakan makanan dan minuman, kelapa muda bisa jadi pilihan yang pas setelah berpanas-panasan, di sini juga disediakan pisang goreng sebagai teman minum kopi.
Bagi traveler yang hendak mencari souvenir sebagai bukti sudah ke Bunaken, disini juga banyak tersedia, tinggal dipilih sesuai selera.
Fasilitas dan Akomodasi, Bagi traveler yang ingin berlama-lama menjelajahi Bunaken, tidak perlu khawatir karena disini sangat menemui penginapan mulai dari harga backpaker hingga kualitas hotel berbintang. Selain itu, untuk menunjang aktifitas selama berwisata di bunaken, traveler juga bisa menemukan tempat penyewaan perahu/seedboat, alat snorkeling/alat selam dan kamera bawah laut untuk mengabadikan aktifitas selama berada di bawah laut. 

Estimasi untuk biaya total perjalanan.
1
Tiket Masuk Taman National
(Biaya Untuk Konservasi)
:
Rp. 50.000
2
Sewa Kapal Motor, Pelabuhan Manado – Bunaken (pp)
:
Rp. 1.000.000
3
Sewa Kamera
:
Rp. 250.000
4
Sewa Perlengkapan Snorkling
:
Rp. 150.000
Total
:
±  Rp. 1.450.000

Untuk yang ingin lebih ekonomis, Saat ini sudah banyak yang biro travel yang menawarkan perjalanan keberapa pulau, tinggal menyesuaikan jadwal dengan yang ada di biro travel tersebut.
Kita sebagai traveler juga harus ikut berkontribusi menjaga semua pesona Indonesia yang kita kunjungi.

Stop Buang sampah ke laut  - Be a 'responsible traveler' and respect for the destinations we visit.
Help sustain the natural and cultural beauty of a destination by leaving it untouch by reducing your use and waste of precious resources such as water, food and energy.


Sekian
Bunaken, Sulawesi Utara,
September 2016
Abrar Analdi


Follow Me : 



Tidak ada komentar :

Posting Komentar