Mari kita mengkaji rantau lebih dalam bersama kami di Blog Ini. Tidak usah sungkan, rantau bisa kita taklukan jika kita bersama.

Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Juang 45

Tidak ada komentar



Sore itu kebahagian muncul dari raut wajah peserta dan penonton. Semua tertawa dalam kebahagian yang sama. Salah satu acara wajib untuk memperingati hari kemerdekaan Republik ini. Berasal dari zaman penjajahan belanda dulunya dipersiapkan untuk hajatan dimana yang menjadi pesertanya adalah orang-orang pribumi.

Batang Pinang Sudah Siap Untuk Dipanjat
Berbagai macam hadiah telah dipersiapkan panitia di puncak batang pinang yang sebelumnya telah dilumuri oli untuk mempersulit langkah peserta menuju puncaknya. Bukan hadiahlah yang diincar peserta, akan tetapi sensasi yang mereka dapatkan sebagai pemanjat  dalam kegiatan lomba tersebut.

Bersama Menuju Puncak
Semua tertarik untuk menyaksikan tradisi ini, acara ini yang bertujuan untuk membentuk kerjasama tim dan menambah keakraban antar masyarakat sekitar. Peserta nya terdiri dari berbagai kalangan, ada yang dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan ibu-ibu sekalipun.

 
Ramainya Pengunjung
Dalam lomba ini, kerja sama sangat dibutuhkan, apalagi yang dipanjat adalah pohon pinang yang dilumuri dengan oli. Apabila ada kesalahan satu orang, maka semuanya akan jatuh juga. Meskipun jatuh dan bangkit, tapi di dalam lomba ini masih tetap ada semangat'45.

Hadiah dalam lomba ini ada yang berbagai macam, seperti uang, sendal dan masih banyak variasinya. 

Di daerah Sumatera Barat contohnya, ada 3 buah batang pinang dengan ukuran yang berbeda, Pertama untuk anak-anak dengan hadiah seperti buku dan peralatan sekolah, Kedua untuk remaja dengan hadiah yang lebih besar dari anak-anak, Ketiga, batang pinangnya sangat tinggi, terlebih yang mengikuti remaja dan orang dewasa lainnya.





Meskipun setelah mengikuti lomba tersebut badan-badan menjadi pegal, tetapi kita bisa mendapatkan sensasi untuk mengikuti lomba tersebut dan merasa seperti pemanjat yang profesional serta memiliki rasa semangat juang'45

Kemerdekaan bisa dirayakan dengan cara apapun.
Perjuangan para pejuang tak akan bisa berhasil jika hanya menggandalkan diri seorang, makna yang kita pelajari dari panjat pinang ini adalah kerja sama. Dengan Kerjasama kemenangan akan diraih dengan mudah. Berat sama dipikul ringan sama dijunjung. 

Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia
Bagaimana caramu merayakan kemerdekaan ? Mari Tuliskan di Kolom Komentar
Solok, Agustus 2017 
Fathurrizqi Aulia




Tidak ada komentar :

Posting Komentar