Pesona Indonesia

Menulis Itu Bagus

Post Page Advertisement [Top]




Seiring banyaknya pemakaian gadget dikalangan anak-anak sampai remaja perlahan, budaya nagari Minangkabau satu ini mulai terkikis karena banyaknya remaja dan anak-anak memakai gadget. 

 
Randai merupakan sebuah budaya asli minangkabau. Pakaian Randai sangat identik dengan ciri khas minang seperti, "sarawa galembong" sarawa yang berarti celana dan galembong. Serta baju randai seperti baju silat atau baju datuk, serta memakai deta di kepala. 


Budaya minang yang satu ini bisa dilombakan menjadi sebuah turnamen ataupun menjadi sebuah pengisi acara. Gerakan yang serentak akan membuat penonton/ wisatawan menjadi tertatik unyuk menontonnya. Seperti bunyi khas dari sang komando yang memberi aba2 dan bunyi khas dari "sarawa galembong tersebut.  Selain itu, cerita dalam randai juga membuat para wisatawan menjadi tertarik untuk menyaksikannya. 

Marilah kita perlihatkan kembali budaya - budaya Indonesia yang telah tertutupi oleh gadget gadget tersebut. Kita sebagai generasi emas tentu wajib untuk melestarikannya, supaya budaya budaya di Indonesia ini tidak hilang karena sebuah gadget. 



Mari Berkarya,
Mari Lestarikan budaya Kita


Fathurrizqi Aulia
Solok, 18 Desember 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by @kamuniangtbk | About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy