Pesona Indonesia

Menulis Itu Bagus

Post Page Advertisement [Top]


Merantau memang harus siap dari segala hal, siap siap untuk makan tidak enak, harus siap untuk jajan seadanya. Di antara semua kekurangan yang kita miliki di tanah rantau, untuk menjaga pola hidup sehat harus tetap di lakukan. Bukan sebuah keputusan yang bijak hidup dirantau dengan sakit-sakitan 😂

Bagaimana cara hidup sehat di Rantau ?
kita tetap bisa hidup sehat di rantau dengan keadaan seadanya, untuk yang merantau dengan status sebagai anak orang kaya memang enak, akan tetapi bagi yang tidak bagaimana ? Berikut, bagaimana cara tetap hidup sehat di Tanah Rantau.

1. Biasakan Bangun Pagi.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Bangun Pagi Menjadikan Kamu Lebih Baik?", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/19/110607820/mengapa-bangun-pagi-menjadikan-kamu-lebih-baik.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : WisnubrataSaat bangun pagi, kita akan mendapatkan sinar matahari jauh lebih banyak sepanjang hari. “Penelitian mendukung betapa pentingnya cahaya alami di pagi hari,” kata Mentore. Satu studi dari Northwestern Medicine mengungkapkan, bahwa waktu, intensitas, dan durasi paparan cahaya matahari terkait berat badan. Orang-orang yang mendapat cahaya matahari pagi memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih sehat daripada mereka yang mendapatkan cahaya pada siang hari. Ditambah, paparan cahaya matahari saat pagi hari dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja dan suasana hati yang baik.
Saat bangun pagi, kita akan mendapatkan sinar matahari jauh lebih banyak sepanjang hari. “Penelitian mendukung betapa pentingnya cahaya alami di pagi hari,” kata Mentore. Satu studi dari Northwestern Medicine mengungkapkan, bahwa waktu, intensitas, dan durasi paparan cahaya matahari terkait berat badan. Orang-orang yang mendapat cahaya matahari pagi memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih sehat daripada mereka yang mendapatkan cahaya pada siang hari. Ditambah, paparan cahaya matahari saat pagi hari dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja / kampus dan suasana hati yang baik.

2. Makan Buah 

Masukan buah dalam daftar hal yang wajib kamu beli setiap hari, buah bukanlah sesuatu yang mahal. Tips untuk kita yang di rantau belilah buah yang dijual oleh tukang buang yang sudah di Potong-Potong, kamu bisa mendapatkan buah ini dengan harga yang masih tergolong murah per-potongnya. 

3. Olahraga


Kehidupan kita di rantau memang tidak menentu, pergi pagi pulang malam merupakan suatu hal yang biasa di tanah rantau. Kelebihan dari bangun pagi yang ada di Point pertama tadi adalah, kita setidaknya bisa lari keliling komplek sebelum berangkat ke kantor atau ke kampus.

Hal lain yang bisa diatasi dengan berolahraga adalah stres dan depresi. Terlalu sibuk dan lelah, memudahkan datangnya kondisi-kondisi tersebut. Cara terbaik untuk menangkalnya, tak lain dengan berolahraga.


4. Hindari Begadang

Rhoma Irama pernah berkata : "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya" ini benar, tetapi kebanyakan orang masih menyangkal dengan alasan karena banyak pekerjaan, karena banyak tugas dan segala macam. Harusnya ini tidak dijadikan alasan saat kita sudah siap untuk merantau.


Kebiasaan begadang tentu saja berakibat negatif. Pada saat tidur, tubuh kita membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Proses tersebut membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks yaitu pada saat kita tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati. Jika Anda begadang, berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya yaitu membersihkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu bahaya begadang adalah merusak kerja organ hati. Selain itu, bagian organ tubuh yang bisa mendapat implikasi bahaya begadang adalah kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru, dan orang-organ tubuh yang lain. 

5. Jalan Kaki
Dengan mudahnya mengakses kendaraan saat ini, kita seringkali lebih memilih naik kendaraan bemotor daripada berjalan kaki bahkan untuk menempuh jarak yang dekat. Kebiasaan ini akhirnya membuat kita jadi semakin malas berjalan kaki. Padahal, berjalan kaki membuat kita lebih sehat dan menghemat ongkos transportasi.

Mulailah dari jarak dekat, seperti naik-turun di kantor dengan tangga dan bukannya lift atau eskalator. Unduh aplikasi yang memungkinkan kamu melihat berapa langkah yang sudah kamu lakukan setiap harinya. Pastikan kamu mengenakan baju dan sepatu yang nyaman. Bawalah payung jika jarak yang kamu tempuh cukup jauh.


*** 

Cukup Mudah bukan ? 
Mari di mulai dari sekarang, demi menjaga kondisi tubuh di Tanah Rantau.
Saat bangun pagi, kita akan mendapatkan sinar matahari jauh lebih banyak sepanjang hari. “Penelitian mendukung betapa pentingnya cahaya alami di pagi hari,” kata Mentore. Satu studi dari Northwestern Medicine mengungkapkan, bahwa waktu, intensitas, dan durasi paparan cahaya matahari terkait berat badan. Orang-orang yang mendapat cahaya matahari pagi memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih sehat daripada mereka yang mendapatkan cahaya pada siang hari. Ditambah, paparan cahaya matahari saat pagi hari dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja dan suasana hati yang baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Bangun Pagi Menjadikan Kamu Lebih Baik?", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/19/110607820/mengapa-bangun-pagi-menjadikan-kamu-lebih-baik.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Wisnubrata


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Bangun Pagi Menjadikan Kamu Lebih Baik?", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/19/110607820/mengapa-bangun-pagi-menjadikan-kamu-lebih-baik.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Wisnubrata


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Bangun Pagi Menjadikan Kamu Lebih Baik?", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/19/110607820/mengapa-bangun-pagi-menjadikan-kamu-lebih-baik.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Wisnubrata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by @kamuniangtbk | About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy