Pesona Indonesia

Menulis Itu Bagus

Post Page Advertisement [Top]


Dalam menulis, baik di media cetak maupun media elektronik, tentunya kita tidak lepas dari sumber bacaan,  yang bertujuan menambah wawasan kita sebagai penulis khususnya dan kepada pembaca pada umumnya. Aturan baku dalam penulisan harus ditaati secara konsisten dan seragam sesuai kaidah, begitupun dalam pengutipan baik langsung maupun tidak langsung. dalam mengutip suatu argumen kita harus memperhatikan cara mengutip. Jika tidak diperhatikan maka kita akan dicap sebagai plagiator. Tindakan ini tentunya sangat merugikan pihak yang berkepentingan.
     Plagiasi bisa dilkukan dengan sengaja ataupun tidak dengan sengaja. Sengaja melakukan plagiasi yaitu dalam keadaan sadar sengaja menyalin semua karya orang lain tanpa mencantumkan nama atau badan yang mempunyai hak cipta dalam suatu tulisan. Ini tentunya sangat bertentangan dengan etika. Pada saat seseorang susah payah melahirkan sebuah karya, kita dengan tanpa beban mengklaim bahwa itu adalah tulisan kita, dan ini adalah perbuatan yang tidak bisa dimaafkan. Selanjutnya adalah autoplagiat, perbuatan ini masih bisa ditoleransi karena berangkat dari ketidaktahuan. Autoplagiat sendiri menurut pemahaman admin adalah perbuatan tanpa sengaja membuat suatu tulisan atau karya yang mempunyai kemiripan dengan pengarang yang telah ada, ini juga dapat berupa mencotoh suatu sistem karya sehingga dengan sedemikian rupa karya tersebut memiliki kesamaan.
    Dari uraian diatas admin memohon kepada pembaca, jika anda memiliki keluhan mengenai hak cipta ataupun semacamnya silahkan hubungi kami melalui page kontak.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by @kamuniangtbk | About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy